Jumat, 18 Maret 2016

Instrumen Penilaian Kinerja Guru Dalam Kegiatan Belajar Mengajar






Tema : Penilaian Kinerja Guru
  
Variabel
Sub. Variabel
Indikator
Item/Pertanyaan
Kinerja Guru dalam Kegiatan Belajar Mengajar
Perencanaan Pembelajaran
Perencanaan Terhadap Tujuan Pembelajaran
1,2,3
Perencanaan Terhadap Materi Pembelajaran
4,5
Perencanaan Terhadap Media Pembelajaran
6,7,8
Pelaksanaan Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
9, 10, 11
Kegiatan Inti
12, 13, 14
Kegiatan Penutup
15, 16, 17
Penilaian Pembelajaran
Alat Evaluasi dan Metode untuk Penilaian Pembelajaran
18, 19, 20
Proses Penilaian Pembelajaran
21, 22, 23
Hasil Penilaian
24, 25
























INSTRUMEN PENILAIAN KINERJA GURU

 
Beri tanda silang (X) pada alternatif yang menurut Saudara sesuai.

Keterangan :
SS   : Sangat Setuju
S     : Setuju
R    : Ragu-Ragu
KS  : Kurang Setuju
TS   : Tidak Setuju

NO
PERNYATAAN
Penilaian Anda
SS
S
R
KS
TS
1
Tujuan pembelajaran harus direncanakan sesuai dengan kurikulum





2
Penjabarkan tujuan pembelajaran dilakukan dengan memperhatikan karakteristik peserta didik





3
Tujuan perlu direncanakan sebelum kegiatan pembelajaran dilakukan





4
Sebelum mengajar, mempersiapkan diri dalam penguasaan materi pelajaran sangat diperlukan





5
Materi pelajaran dipersiapkan secara tidak spontan





6
Sarana pembelajaran digunakan seoptimal mungkin saat kegiatan belajar





7
Penggunaan sumber belajar harus sesuai dengan materi dan strategi pembelajaran





8
Penggunaan media pembelajaran tidak hanya dilakukan ketika ada kegiatan supervisi kepala sekolah





9
Setiap memulai mata pelajaran diawali dengan doa





10
Sebelum memasuki kegiatan pembelajaran, tujuan harus dijelaskan kepada siswa terlebih dahulu





11
Selalu datang tepat waktu sebelum kegiatan pembelajaran dimulai





12
Pretes selalu dilakukan sebelum memulai pengajaran awal






NO
PERNYATAAN
Penilaian Anda
SS
S
R
KS
TS
13
Kualitas pembelajaran dapat ditingkatkan dengan memanfaatkan seluruh fasilitas sekolah





14
Pemberian pertanyaan secara lisan selama proses pembelajaran perlu dilakukan





15
Memberikan arahan pada siswa apabila ada kesalahan dalam kegiatan pembelajaran





16
Mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan kesimpulan





17
Mengakhiri pembelajaran dengan tepat waktu





18
Menggunakan alat evaluasi khusus dalam menilai hasil pembelajaran





19
Alat evaluasi disamakan dengan peningkatan IPTEK





20
Penggunaan metode penilaian khusus perlu dilakukan untuk kegiatan evaluasi pembelajaran





21
Pembuatan soal dibuat dengan memperhatikan tingkat kesukaran





22
Penilaian juga termasuk pada tingkat partisipasi siswa





23
Penilaian dilakukan secara runtut berdasarkan aspek yang telah ditetapkan





24
Hasil ujian merupakan satu-satunya aspek-aspek yang digunakan dalam menentukan hasil akhir





25
Hasil ujian yang telah dinilai, dikembalikan kepada siswa






1 komentar: