Tema : Penilaian Kinerja Guru
Variabel
|
Sub.
Variabel
|
Indikator
|
Item/Pertanyaan
|
Kinerja
Guru dalam Kegiatan Belajar Mengajar
|
Perencanaan
Pembelajaran
|
Perencanaan
Terhadap Tujuan Pembelajaran
|
1,2,3
|
Perencanaan
Terhadap Materi Pembelajaran
|
4,5
|
||
Perencanaan
Terhadap Media Pembelajaran
|
6,7,8
|
||
Pelaksanaan
Kegiatan Pembelajaran
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
9, 10, 11
|
|
Kegiatan
Inti
|
12, 13, 14
|
||
Kegiatan
Penutup
|
15, 16, 17
|
||
Penilaian
Pembelajaran
|
Alat
Evaluasi dan Metode untuk Penilaian Pembelajaran
|
18, 19, 20
|
|
Proses
Penilaian Pembelajaran
|
21, 22, 23
|
||
Hasil
Penilaian
|
24, 25
|
INSTRUMEN PENILAIAN KINERJA GURU
Beri
tanda silang (X) pada alternatif yang menurut Saudara sesuai.
Keterangan
:
SS : Sangat Setuju
S : Setuju
R : Ragu-Ragu
KS : Kurang Setuju
TS : Tidak Setuju
NO
|
PERNYATAAN
|
Penilaian
Anda
|
||||
SS
|
S
|
R
|
KS
|
TS
|
||
1
|
Tujuan
pembelajaran harus direncanakan sesuai dengan kurikulum
|
|||||
2
|
Penjabarkan
tujuan pembelajaran dilakukan dengan memperhatikan karakteristik peserta
didik
|
|||||
3
|
Tujuan
perlu direncanakan sebelum kegiatan pembelajaran dilakukan
|
|||||
4
|
Sebelum
mengajar, mempersiapkan diri dalam penguasaan materi pelajaran sangat
diperlukan
|
|||||
5
|
Materi
pelajaran dipersiapkan secara tidak spontan
|
|||||
6
|
Sarana
pembelajaran digunakan seoptimal mungkin saat kegiatan belajar
|
|||||
7
|
Penggunaan
sumber belajar harus sesuai dengan materi dan strategi pembelajaran
|
|||||
8
|
Penggunaan
media pembelajaran tidak hanya dilakukan ketika ada kegiatan supervisi kepala
sekolah
|
|||||
9
|
Setiap
memulai mata pelajaran diawali dengan doa
|
|||||
10
|
Sebelum
memasuki kegiatan pembelajaran, tujuan harus dijelaskan kepada siswa terlebih
dahulu
|
|||||
11
|
Selalu
datang tepat waktu sebelum kegiatan pembelajaran dimulai
|
|||||
12
|
Pretes
selalu dilakukan sebelum memulai pengajaran awal
|
|||||
NO
|
PERNYATAAN
|
Penilaian
Anda
|
||||
SS
|
S
|
R
|
KS
|
TS
|
||
13
|
Kualitas
pembelajaran dapat ditingkatkan dengan memanfaatkan seluruh fasilitas sekolah
|
|||||
14
|
Pemberian
pertanyaan secara lisan selama proses pembelajaran perlu dilakukan
|
|||||
15
|
Memberikan
arahan pada siswa apabila ada kesalahan dalam kegiatan pembelajaran
|
|||||
16
|
Mengakhiri
kegiatan pembelajaran dengan kesimpulan
|
|||||
17
|
Mengakhiri
pembelajaran dengan tepat waktu
|
|||||
18
|
Menggunakan
alat evaluasi khusus dalam menilai hasil pembelajaran
|
|||||
19
|
Alat
evaluasi disamakan dengan peningkatan IPTEK
|
|||||
20
|
Penggunaan
metode penilaian khusus perlu dilakukan untuk kegiatan evaluasi pembelajaran
|
|||||
21
|
Pembuatan
soal dibuat dengan memperhatikan tingkat kesukaran
|
|||||
22
|
Penilaian
juga termasuk pada tingkat partisipasi siswa
|
|||||
23
|
Penilaian
dilakukan secara runtut berdasarkan aspek yang telah ditetapkan
|
|||||
24
|
Hasil
ujian merupakan satu-satunya aspek-aspek yang digunakan dalam menentukan
hasil akhir
|
|||||
25
|
Hasil
ujian yang telah dinilai, dikembalikan kepada siswa
|
Makasih sangat membantu
BalasHapus